Powered By Blogger

Minggu, 01 Juli 2012

Balotelli Akhiri Rekor "Nihil Gol" Italia

Selebrasi gol dari Mario Balotelli. (Foto: Getty Images)
Selebrasi gol dari Mario Balotelli. (Foto: Getty Images)
WARSAWA – Timnas Italia mencatatkan sejarah tersendiri sepanjang keikutsertaannya di Euro. Keberhasilan membobol gawang Jerman membuat Italia mengakhiri rekor tak pernah mencetak gol di semifinal.

Sepanjang keikutsertaannya di kompetisi terbesar Negara-negara di Eropa, Azzurri tercatat dudah tiga kali menembus semifinal. Dua diantaranya bahkan berakhir dengan kemenangan.

Namun, dari tiga duel babak empat besar yang dilakoninya, Italia tak pernah mampu mencetak gol. Pada semifinal pertamanya di Euro 1968 di rumahnya sendiri, Italia hanya bermain 0-0 melawan Uni Soviet.

Berhubung kala itu belum ada skema adu penalti untuk menentukan pertandingan, maka penentuan pemenang dilakukan lewat undian pelemparan koin. Dengan sistem yang hanya digunakan satu kali ini, Italia tampil sebagai pemenang dan akhirnya tampil sebagai jawara.

20 tahun kemudian, atau tepatnya pada Euro 1988 di Jerman (kala itu masih Jerman Barat), Italia kembali melaju ke semifinal. Sayang, di kala itu, selain gagal mencetak gol, Franco Baresi dkk juga harus angkat koper lantaran dibabat Uni Soviet 0-2.

Nah, yang ketiga, Italia melaju ke semifinal pada Euro 2000 di Belanda-Belgia. Berhadapan dengan tuan rumah Belanda, Italia kembali gagal mencetak gol, karena bermain 0-0 di waktu normal. Namun, pada akhirnya Italia lolos ke final berkat kemenangan 3-1 di babak adu penalti (di final kalah dri Prancis).

Setelah tiga kali tampil di semifinal tanpa mencetak gol, Italia akhirnya sukses mematahkan rekor buruk tersebut saat tampil menghadapi Jerman di semifinal Euro 2012 di National Stadium Warsawa.

Adalah Mario Balotelli yang mengakhiri paceklik gol Italia di semifinal. Tandukan mematikan (20’) serta gol tendangan geledeknya pada menit ke-36, membawa Italia menundukkan Jerman 2-1, sekaligus melaju ke final untuk menghadapi lawan mereka di babak penyisihan grup sekaligus juara bertahan, Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar