Powered By Blogger

Minggu, 01 Juli 2012

Ide Gila Platini di Euro 2020

KIEV – Presiden UEFA Michel Platini kembali melontarkan ide radikal. Platini ingin menggelar Euro 2020 di 32 kota seluruh Eropa.

Alasan yang Platini kemukakan atas format yang mirip Liga Champions versi negara ini adalah demi menghemat biaya pembangunan stadion-stadion dan juga bandara baru.

“Euro 2020 bisa saja digelar di seluruh Eropa. Kami baru memikirkannya. Saya sudah mengatakan 12 atau 13 kota penyelenggara, tapi bisa saja 24 atau 32 kota,” kata Platini seperti dikutip dari Daily Mail, Minggu (1/7/2012).

“Ini masih bisa diperdebatkan. Nantinya akan ada empat pertandingan per stadion dan semua pihak punya kesempatan menyelenggarakannya,” sebut Platini.

Ada tiga negara—dua diantaranya tuan rumah bersama—yang secara resmi sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah Euro 2020. Mereka adalah Turki, Skotlandia-Wales-Irlandia, dan Azerbaijan-Georgia.

Turki disebut sebagai calon kuat host Euro 2020 tapi di tahun yang bersamaan mereka juga mengajukan Istanbul sebagai tuan rumah Olimpiade. Banyak pihak sangsi apakah negara yang sebagian terletak di Eropa dan sebagian di Asia itu sanggup menggelar dua even besar di tahun yang sama.

Mulai 2016 mendatang, jumlah kontestan Euro adalah 24 negara. Keputusan atas ide ini akan diambil pada Desember 2012 atau Januari 2013 mendatang.

Bukan kali ini saja Platini melontarkan ide yang radikal. Sejak menjabat sebagai presiden UEFA pada 2006 silam, Platini sudah mencanangkan ide Financial Fair Play (FFP), mengubah format Liga Champions, hingga meningkatkan peserta Euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar