Powered By Blogger

Minggu, 01 Juli 2012

Prandelli Jelaskan Taktik Italia di Final

Cesare Prandelli (Foto: Daylife)
Cesare Prandelli (Foto: Daylife)
KIEV - Pelatih Tim Nasional Italia, Cesare Prandelli, menjelaskan taktik yang akan diterapkan Italia dalam menghadapi perlawanan Timnas Spanyol di babak final turnamen Euro 2012. Satu hal yang diisyaratkan Prandelli adalah dirinya ingin mematikan kreativitas Timnas Spanyol.

Skuad La Furia Roja sejak sebelum mengikuti turnamen Euro 2012 sudah difavoritkan menjadi juara. Namun, seiring turnamen berlangsung, permainan tiki-taka yang diusung Timnas Spanyol dianggap membosankan oleh banyak orang, karena terlalu mengandalkan penguasaan bola. Prandelli memiliki pandangan lain tentang itu.

“Spanyol membosankan? Faktanya tim-tim lain takut dan bermain bertahan kala melawan mereka, tetapi mereka tetap meraih kemenangan pada akhirnya, jadi hal itu (bertahan) tidak benar-benar bekerja. Mereka tidak sepenuhnya membosankan,” ujar Prandelli, seperti dilaporkan wartawan Okezone, Fitra Iskandar, langsung dari Ukraina.

Prandelli nampaknya tahu betul bahwa otak permainan Timnas Spanyol berada di barisan lini tengah. Oleh karena itu, Prandelli menekankan taktik yang bisa meredam tiki-taka dan menguasai permainan dalam pertandingan final tersebut.

“Tugas kami secara taktik adalah kembali mendapatkan bola secepat mungkin. Di mana kami mendapatkan bola nantinya, akan bergantung pada bagaimana cara Spanyol bermain, tetapi fokus utama kami adalah menutup ruang untuk mencegah mereka memainkan permainan mereka sendiri, terutama di tengah lapangan,” paparnya.

Mantan pelatih Fiorentina ini juga sudah memperhatikan dan melakukan analisis tersendiri mengenai cara Spanyol bermain. Prandelli menganggap permainan tim arahan Vicente del Bosque itu modern dan mengaku sangat menyukainya.

“Saya berharap Spanyol yang sama, yang menekan lawan mereka, tim yang tidak menerima kebobolan. Bahkan bila mereka bermain tanpa striker, mereka menyerang anda dari posisi yang sangat dalam, mereka sangat modern dan saya suka cara mereka bermain,” tambahnya.

Prandelli juga tidak ambil pusing apakah nanti lawannya dari semenanjung Iberia itu bermain dengan menggunakan striker atau tidak. “Kami akan mencoba untuk beradaptasi dengan cara mereka bermain, entah bila mereka nanti akan menggunakan nomor 9 (striker) atau tidak,” pungkasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar