Powered By Blogger

Sabtu, 30 Juni 2012

Aturan "Rookie" Dicabut, Marquez Berpeluang Perkuat Honda




Komisi Grand Prix MotoGP mengesahkan perubahan aturan mengenai rookie, yang melarang seorang pebalap bergabung dengan tim pabrik di musim perdananya. Dengan demikian, Marc Marquez berpotensi masuk skuad Honda pada musim 2013 mendatang.Aturan rookie ini mulai diimplementasikan pada awal musim 2010 lalu. Tujuan utamanya untuk menekan biaya dan memberikan kesempatan pada sebuah tim satelit memiliki seorang pebalap berbakat. Namun, aturan itu mendapat tentangan, meskipun akhirnya tetap dilaksanakan.
Masih hangat dalam ingatan, ketika juara dunia Casey Stoner secara mengejutkan membuat keputusan untuk pensiun di akhir musim 2012, Honda kembali menggugat aturan tersebut.
Gugatan itu mendapat dukungan dari Yamaha dan Ducati. Pasalnya, jika aturan rookie itu tetap diterapkan, maka peluang Marquez untuk langsung bergabung dengan tim pabrik Honda tertutup. Dia harus lebih dulu memperkuat tim satelit pada musim perdananya di kelas premier. Padahal, Honda membutuhkan seorang pebalap berbakat untuk menggantikan posisi Stoner, juara dunia 2007 dan 2011.
Marquez, pemimpin klasemen sementara Moto2, dinilai sebagai pebalap yang tepat untuk jadi suksesor Stoner. Tak cuma mengesahkan perubahan aturan rookie. Komisi Grand Prix MotoGP juga menyetujui batasan empat motor, -- dua bekerja dan dua bebas, per pabrik untuk MotoGP 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar