Powered By Blogger

Sabtu, 30 Juni 2012

Stoner Pimpin Honda Taklukkan Yamaha di Assen

Casey Stoner, menjuarai seri ketujuh MotoGP 2012 di Assen, Belanda, Sabtu (30/6/2012). Juara dunia 2007 dan 2011 ini mengalahkan rekan setimnya, Dani Pedrosa, untuk meramaikan kembali persaingan memperebutkan gelar juara dunia musim 2012.

Dengan tersingkirkan Jorge Lorenzo dalam balapan kali ini akibat kecelakaan di awal lap pertama, maka Stoner pun menyamai perolehan poin Lorenzo. Kini, kedua pebalap yang bersaing ketat memperebutkan mahkota juara MotoGP 2012, memiliki poin yang sama, yaitu 140.

Namun Lorenzo yang berhak duduk di puncak klasemen, karena dari tujuh seri yang sudah dilakoni, pebalap Yamaha tersebut mengoleksi empat kemenangan dan dua kali runner-up. Sementara itu Stoner baru meraih tiga kemenangan, setelah Jerez dan Estoril.

Balapan kali ini pun menjadi arena pertarungan antara dua pebalap Yamaha, yang disebut-sebut sedang memperebutkan satu kursi untuk menjadi pendamping Lorenzo di musim 2013. Andrea Dovizioso (Yamaha Tech 3) dan Ben Spies (Yamaha) terlibat persaingan ketat hingga lap terakhir, yang akhirnya dimenangkan oleh Dovizioso setelah menyalip Spies di lap terakhir, untuk finis di urutan ketiga.

- Jalannya balapan

Balapan baru dimulai, Lorenzo sudah harus melupakan impian untuk meraih poin di seri ketujuh ini. Pasalnya, juara dunia 2010 tersebut mengalami kecelakaan yang melibatkan rekan senegaranya dari Spanyol, Alvaro Bautista.

Sementara itu Pedrosa mengawalinya dengan manis, karena dia langsung mengambil kendali lomba setelah melewati rekan setimnya pemegang pole, Stoner. Peringkat ketiga ditempati pebalap Yamaha, Spies, disusul Dovizioso, dan Stefan Bradl (LCR Honda).

Pebalap Ducati, Nicky Hayden, juga sempat meninggalkan trek ketika balapan 26 lap ini baru berlangsung satu putaran. Beruntung, juara dunia 2006 tersebut bisa bergabung lagi dan melanjutkan lomba.

Memasuki lap kedua, terjadi perubahan komposisi. Kecelakaan yang menimpa Bradl, membuat Valentino Rossi naik ke urutan kelima. Satu lap berselang, giliran Bautista yang tergelincir, dan dia pun terpaksa membuntuti Lorenzo di barisan belakang.

Pada lap ketujuh, Dovizioso berhasil menyalip Spies, pemenang GP Belanda tahun lalu. Pertarungan dua pebalap Yamaha ini berlangsung ketat, sebelum Spies kembali mengambilalih posisinya (di lap ke-12). Hayden pun mengalahkan Rossi di lap kesembilan, untuk menempati posisi kelima. Giliran Hector Barbera dan Crutchlow yang mengancam "The Doctor".

Tak perlu waktu yang lama bagi Crutchlow dan Barbera untuk melewati Rossi. Ketika balapan masih tersisa 12 lap, dua pebalap tersebut mengalahkan juara dunia tujuh kali MotoGP tersebut, yang memang belum mampu menemukan pengesetan yang bagus pada Desmosedici GP12 tunggangannya. Crutchlow terus merangsek ke depan, dengan menyalip Hayden. Ini semakin menunjukkan bahwa Ducati sangat tidak kompetitif.

Dengan demikian, duo Repsol Honda mendapat ancaman dari trio Yamaha, minus sang pemimpin klasemen sementara, Lorenzo, yang dipastikan kehilangan poin pada balapan kali ini.

Pada lap ke-16, Rossi memutuskan untuk masuk garasi. Tampaknya persoalan ban yang memaksa mantan pebalap Honda dan Yamaha tersebut membuat keputusan itu. Sedangkan di barisan depan, Stoner mampu melewati Pedrosa untuk memimpin jalannya lomba. Posisi yang sangat bagus bagi juara dunia 2007 dan 2011 tersebut, untuk menyamai perolehan poin Lorenzo, karena sebelum balapan ini dia tertinggal 25 poin. Saat balapan tersisa dua lap lagi, Stoner semakin tak terbendung karena dia unggul lebih dari 3 detik atas Pedrosa.

Persaingan justru terjadi antara Spies dan Dovizioso. Dua pebalap yang tengah memperebutkan satu kursi untuk jadi pendamping Lorenzo di Yamaha pada musim 2013 tersebut berada skill, dan pada lap terakhir Dovizioso kembali menyalip juara dunia Superbike 2009 tersebut, dan mampu mempertahankannya hingga menyentuh garis finis.

Sedangkan di depan, Stoner dengan mantap menyentuh garis finis untuk mengakhiri penantiannya meraih kemenangan setelah dalam tiga seri terakhir selalu dipecundangi Lorenzo. Kini Stoner menyamai perolehan poin Lorenzo, yaitu 140, dan menuai tiga kemenangan di awal musim 2012.
- Hasil GP Belanda
1. Casey Stoner              41:19.855
2. Dani Pedrosa              +04.965
3. Andrea Dovizioso         +11.994
4. Ben Spies                   +14.775
5. Cal Crutchlow              +22.074
6. Nicky Hayden              +31.660
7. Hector Barbera            +59.107
8. Randy de Puniet           +01:04.441
9. Michele Pirro                +01:06.980
10. Mattia Pasini               +01:25.087
11. Danilo Petrucci           +01:32.103
12. Ivan Silva                    +01:33.797
13. Valentino Rossi        
14. James Ellison        
15. Aleix Espargaro          +59.9
Tidak finis
16. Karel Abraham            DNF
17. Alvaro Bautista            DNF
18. Yonny Hernandez        DNF
19. Jorge Lorenzo             DNF
20. Colin Edwards             DNF
21. Stefan Bradl                DNF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar