Powered By Blogger

Minggu, 01 Juli 2012

Del Bosque Buru Rekor Helmut Schoen

KIEV – Spanyol dan Vicente Del Bosque sama-sama tengah memburu rekor. Negeri Matador membidik hattrick, sementara Del Bosque memburu rekor milik pelatih legendaris Jerman Helmut Schoen.

Sepanjang sejarah sepakbola Eropa belum pernah ada tim yang mampu memenangi tiga turnamen utama secara berurutan. Pada 1970-an, Jerman Barat nyaris melakukan hattrick.

Sayang, Franz Beckenbauer dkk. yang sudah mengoleksi gelar Euro 1972 dan Piala Dunia 1974, gagal di Euro 1976 setelah ditaklukan Cekoslovakia lewat adu penalti di partai final.

Pada akhir 2000-an, Prancis dengan Zinedine Zidane-nya berhasil menjuarai Piala Dunia 1998 dan Euro 2000. Namun, mereka gagal total di Piala Dunia 2002.

Alhasil, Spanyol pun berpeluang menjadi negara pertama yang melakukan hattrick. Andai Spanyol berhasil mengalahkan Italia di Stadion Olimpiade Kiev pada Senin dinihari WIB lusa di final Euro 2012, maka Del Bosque juga akan menjadi pelatih kedua setelah Schoen yang berhasil membawa negaranya menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa.

Hingga saat ini, Schoen menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil menyandingkan gelar Piala Dunia dan Piala Eropa. Schoen merupakan arsitek di balik kesuksesan Jerman Barat menjuarai Euro 1972 dan Piala Dunia 1974 serta lolos ke final Piala Dunia 1976 plus final Euro 1976.

Tangan dingin Schoen berhasil meramu pemain-pemain legendaris Jerman Barat seperti Beckenbauer, Gerd Mueller, Uli Hoeness, Sepp Maier, Paul Breitner, Guenter Netzer, Berti Vogts, Wolfgang Overath, dan Rainer Bonhof menjadi tim penakluk Eropa dan dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar